Tuesday 26 July 2016

Oumagadoki Doubutsuen (Oumagadoki Zoo)


Author: Horikoshi Kohei
Type: Manga
Genre: Action Comedy Fantasy Shounen
Status: Completed
Chapters: 38
Volume: 5
Release: 2010


Sekali-kali saya mereview manga yang ga terlalu serius. Inilah manga komedi yang baru-baru ini saya baca. Pertama kali melihat gambarnya terkesan acak-acakan, tapi begitu mulai baca langsung mulai cengar-cengir sendiri. Lanjut lagi baca udah ga sadar ketawa ngakak. Manga ini menceritakan pengalaman seorang gadis SMA bernama Aoi Hana yang
kikuk, ceroboh, selalu menimbulkan masalah, yah pokoknya dia selalu gagal melakukan sesuatu, bahkan jalan pun kesandung kakinya sendiri. Hana bertekad mengubah dirinya dengan bekerja paruh waktu di sebuah kebun binatang terpencil, yakni Oumagadoki Doubutsuen (kebun binatang Oumagadoki). Pada dasarnya Hana sangat menyukai hewan, sehingga ia berharap kerja paruh waktunya di Oumagadoki berjalan lancar sesuai harapannya. Tapi, setelah ia bertemu dengan direktur kebun binatang yang aneh dan kejadian yang aneh, sirna sudah harapannya.
  
Kebun binatang Oumagadoki dipimpin oleh direktur Shiina yang wujud aslinya ternyata manusia kelinci. Setiap pukul 16.44, yakni waktu tutup kebun binatang, seluruh hewan di dalamnya berubah wujud dan bisa bicara. Ini semua berkat Shiina yang membawa kutukan pada masa kecilnya, sehingga wujud manusianya berubah seketika. Ia dapat mengeluarkan asap yang mampu mengubah hewan-hewan di kebun binatang Oumagadoki berubah menjadi setengah manusia.

Awalnya Hana ingin membatalkan niatnya sebagai pekerja paruh waktu setelah melihat keanehan Shiina, karena selain wujudnya sebagai manusia kelinci, ia memiliki sifat arogan, dikatator, seenaknya ajalah pokoknya. Tapi setelah kejadian penculikan salah satu anggota kebun binatang, Igarashi seekor anjing laut, dan melihat sisi lain dari sifat arogan Shiina, akhirnya Hana bersedia untuk bekerja sebagai petugas kebersihan. Selain itu, Hana bertekad mengubah hidupnya yang selalu melakukan kegagalan, yaa...setidaknya ada hal baik yang dapat dilakukan untuk kebun binatang Oumagadoki. Ia diberikan perintah oleh Shiina untuk menjadikan Oumagadoki sebagai kebun binatang terkenal nomor 1 sejagat raya, sehingga kutukan Shiina dapat terhapus dan menjadi manusia kembali.
  
Dengan mengubah seluruh hewan di kebun binatang menjadi setengah manusia, Shiina bersenang-senang selama jam tutup kebun binatang. Karena tidak adanya pengawasan dari Shiina, penghuni kebun binatang seringkali bertindak seenaknya. Hana yang diserahi tugas untuk mengatur segalanya. Dimulai dari Chita, seekor citah obesitas yang insting liarnya sudah terkubur karena kelamaan tinggal di kebun binatang yang bahkan kandangnya saja sudah uzur semua. Dengan kecerdikan Hana, ia mengompori Shiina agar mau adu lari dengan Chita, sehingga insting pemburunya dapat kembali lagi.
  
Sehari-hari Hana mengatur keakraban penghuni kebun binatang Oumagadoki, dalam prosesnya Shiina memperoleh beberapa bagian tubuhnya kembali menjadi manusia, terutama setelah menjinakkan Shishido, singa kebun binatang yang senantiasa mengamuk ingin menjadi nomor 1. Hana juga cepat akrab dengan Uwabami (wanita ular), Gorikon (gorilla), Ookami (serigala), Kasai (seekor badak yang menyukai Uwabami), dan lain-lain.
  
Masalah mulai bermunculan dengan kehadiran utusan dari kebun binatang lain yang dipimpin oleh penyandang kutukan juga. Kebun binatang Ushimitsudoki yang mengkhususkan pada atraksi hewan-hewan akuatik. Mereka berniat merebut kekuasaan Oumagadoki dan menjadikan Ushimitsudoki terkenal nomor 1 sejagat raya. Direktur Ushimitsudoki yang dikutuk menjadi manusia setengah paus sudah memperoleh sebagian besar wujud manusianya. Tapi setelah memperoleh ketenaran dengan menyandang nama kebun binatang akuatik terbesar di Jepang, kutukannya tidak kunjung hilang juga. Berita mengenai Shiina yang memperoleh wujud manusianya tanpa memperkenalkan Oumagadoki membuat Isana, direktur Ushimitsudoki, ingin merebut Oumagadoki. Akhirnya dimulailah perang antara Oumagadoki dan Ushimitsudoki.
  
Setelah pertarungan dengan kebun binatang Ushimitsudoki, Oumagadoki menemui masalah lain dengan sirkus keliling Yatsudoki dan ketuanya, Michinoke. Bagaimana kelanjutannya, boleh dibaca sendiri. Manganya sudah tamat di volume 5 chapter 38 (MangaPark). Menariknya manga ini menurut saya adalah tingkah lakunya Hana yang bodoh tapi tidak mau menyerah. Hana selalu memikirkan orang lain dalam bertindak. Walaupun Shiina selalu berlaku sewenang-wenang terhadap Hana, tapi pada dasarnya Hana paham maksud dibalik perlakuannya itu. Manga Oumagadoki Doubutsuen dapat dibaca oleh semua usia.  Unsur utama dalam manga ini adalah komedinya. Saya ngakak terus selama membaca percakapan yang terjadi antara para penghuni kebun binatang aneh itu. Perkembangan karakter dalam manga ini juga asik diikuti. Selain ke-38 chapternya, ada 1 chapter spin-off, dan saya sarankan agar jangan membaca dulu spin-offnya sebelum membaca manga aslinya. Karena bocoran saja sih, beberapa pembaca merasa kecewa. Yah, itu sih tergantung pada penilaian masing-masing pembaca saja.
  

Characters in Oumagadoki Doubutsuen





No comments:

Post a Comment